Laman

Senin, 04 April 2011

Contoh Lembar Koreksi Analisis Butir Soal (Manual)

imageSetiap kegiatan belajar harus diketahui sejauhmana proses belajar tersebut telah memberikan nilai tambah bagi kemampuan siswa. Salah satu cara untuk melihat peningkatan kemampuan tersebut adalah dengan melakukan tes. Tes yang berkaitan dengan tujuan ini sering disebut tes prestasi hasil belajar (TPHB).

Lembar koreksi

No.

Nama Siswa

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

Jumlah benar

01.

Dadan

1

1

1

0

0

1

0

1

0

1

0

1

0

1

1

0

0

0

1

1

11

02

Hesti

1

1

0

1

1

0

0

1

1

0

0

1

0

1

1

0

1

1

1

0

12

03.

Asep

1

1

1

0

0

1

0

0

1

0

0

1

0

1

1

0

0

1

0

1

10

04.

Dimas

1

1

1

0

0

1

1

1

0

0

0

1

0

1

1

0

1

1

1

1

13

05.

Nunung

0

1

1

1

0

0

0

1

1

1

0

1

1

1

1

1

1

1

1

0

14

06.

Iwan

1

1

1

0

1

1

1

1

1

1

1

1

0

1

0

0

1

0

0

1

14

07.

Isep

1

1

1

1

0

1

1

1

1

1

0

1

0

1

1

1

1

0

1

0

15

08.

Fatimah

0

1

1

1

1

0

0

1

0

0

1

1

0

1

1

0

0

0

1

0

10

09.

Cecep

0

0

1

1

0

1

0

1

1

1

1

1

1

1

1

1

0

1

1

1

15

10.

Iin

0

1

0

1

0

1

0

1

1

0

1

1

1

1

1

1

0

1

1

1

14

11.

Aip

1

1

0

1

0

1

0

1

1

1

1

1

0

1

1

0

0

1

0

1

13

12.

Imam

1

1

0

1

0

1

0

1

1

0

1

1

1

1

1

1

0

1

1

0

14

13.

Arief

1

1

1

1

0

1

1

1

1

1

1

1

0

1

1

1

1

1

1

1

18

14.

Firman

0

1

1

1

0

1

0

1

0

0

0

0

1

1

1

1

0

1

1

0

11

15.

Fajri

1

1

0

1

1

1

0

1

1

1

0

1

0

1

1

1

0

1

1

1

15

16.

Galih

1

1

0

1

0

1

1

1

1

1

0

1

0

1

1

1

1

0

1

1

15

17.

Rida

0

1

0

1

0

0

0

1

0

1

1

1

0

1

1

0

0

1

0

1

10

18.

Dilla

0

1

0

1

0

0

1

1

1

0

1

1

1

1

1

1

0

1

1

1

14

19.

Putri

0

1

1

1

0

0

0

1

1

1

0

1

1

1

1

1

1

1

1

0

14

20.

Ica

0

1

1

1

1

0

0

1

0

0

1

1

0

1

1

0

0

0

1

0

10

Jumlah benar

11

19

12

16

5

13

6

19

14

11

10

19

7

20

19

11

8

14

16

12

262

Keterangan: 1 = benar

0 = salah

Kelompok atas

No.

Nama

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

Jumlah

01.

Arief

1

1

1

1

0

1

1

1

1

1

1

1

0

1

1

1

1

1

1

1

18

02

Isep

1

1

1

1

0

1

1

1

1

1

0

1

0

1

1

1

1

0

1

0

15

03.

Cecep

0

0

1

1

0

1

0

1

1

1

1

1

1

1

1

1

0

1

1

1

15

04.

Fajri

1

1

0

1

1

1

0

1

1

1

0

1

0

1

1

1

0

1

1

1

15

05.

Galih

1

1

0

1

0

1

1

1

1

1

0

1

0

1

1

1

1

0

1

1

15

06.

Nunung

0

1

1

1

0

0

0

1

1

1

0

1

1

1

1

1

1

1

1

0

14

07.

Iwan

1

1

1

0

1

1

1

1

1

1

1

1

0

1

0

0

1

0

0

1

14

08

Iin

0

1

0

1

0

1

0

1

1

0

1

1

1

1

1

1

0

1

1

1

14

09

Imam

1

1

0

1

0

1

0

1

1

0

1

1

1

1

1

1

0

1

1

0

14

10

Dilla

0

1

0

1

0

0

1

1

1

0

1

1

1

1

1

1

0

1

1

1

14

Jumlah benar

6

9

5

9

2

8

5

10

10

7

6

10

5

10

9

9

5

7

9

7

148

Kelompok bawah

No.

Nama

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

Jumlah

01

Putri

0

1

1

1

0

0

0

1

1

1

0

1

1

1

1

1

1

1

1

0

14

02

Aip

1

1

0

1

0

1

0

1

1

1

1

1

0

1

1

0

0

1

0

1

13

03.

Dimas

1

1

1

0

0

1

1

1

0

0

0

1

0

1

1

0

1

1

1

1

13

04.

Hesti

1

1

0

1

1

0

0

1

1

0

0

1

0

1

1

0

1

1

1

0

12

05.

Dadan

1

1

1

0

0

1

0

1

0

1

0

1

0

1

1

0

0

0

1

1

11

06.

Firman

0

1

1

1

0

1

0

1

0

0

0

0

1

1

1

1

0

1

1

0

11

07.

Asep

1

1

1

0

0

1

0

0

1

0

0

1

0

1

1

0

0

1

0

1

10

08.

Fatimah

0

1

1

1

1

0

0

1

0

0

1

1

0

1

1

0

0

0

1

0

10

09.

Rida

0

1

0

1

0

0

0

1

0

1

1

1

0

1

1

0

0

1

0

1

10

10.

Ica

0

1

1

1

1

0

0

1

0

0

1

1

0

1

1

0

0

0

1

0

10

Jumlah benar

5

10

7

7

3

5

1

9

4

4

4

9

2

10

10

2

3

7

7

5

114

I. Hitung:

a. Tingkat Kesukaran dan daya beda masing-masing dan perangkat soal butir

b. Efektivitas optionnya

c. Skor maksimum dan minimumnya

II. Seleksilah butir soal yang dapat diterima, direvisi, dan dibuang (didrop)

Jawab :

I.A.1. Tingkat Kesukaran (P)

P = clip_image002 dengan : b = jumlah yang menjawab benar

N= Jumlah seluruh peserta test

P1 = clip_image004 = 0,55 P11 = clip_image006 = 0,5

P2 = clip_image008 = 0,95 P12 = clip_image008[1] = 0,95

P3 = clip_image010 = 0,60 P13 = clip_image012 = 0,35

P4 = clip_image014 = 0,8 P14 = clip_image016 = 1,0

P5 = clip_image018 = 0,25 P15 = clip_image008[2] = 0,95

P6 = clip_image020 = 0,65 P16 = clip_image004[1] = 0,55

P7 = clip_image022 = 0,3 P17 = clip_image024 = 0,4

P8 = clip_image008[3] = 0,95 P18 = clip_image026 = 0,7

P9 = clip_image026[1] = 0,7 P19 = clip_image014[1] = 0,8

P10 = clip_image004[2] = 0,55 P20 = clip_image010[1] = 0,6

A.2. Daya Beda (D)

D = clip_image028 dengan : Ba = Jumlah kelas atas menjawab benar

Bb = Jumlah kelas bawah menjawab benar

T = Jumlah peserta test

D1 = clip_image030 = 0,1 D11 = clip_image032 = 0,2

D2 = clip_image034 = - 0,1 D12 = clip_image036 = 0,1

D3 = clip_image038 = - 0,2 D13 = clip_image040 = 0,3

D4 = clip_image042 = 0,3 D14 = clip_image036[1] = 0,1

D5 = clip_image044 = - 0,1 D15 = clip_image046 = 0,0

D6 = clip_image048 = 0,3 D16 = clip_image050 = 0,7

D7 = clip_image052 = 0,4 D17 = clip_image054 = 0,2

D8 = clip_image036[2] = 0,1 D18 = clip_image056 = 0,0

D9 = clip_image058 = 0,6 D19 = clip_image042[1] = 0,2

D10 = clip_image060 = 0,3 D20 = clip_image062 = 0,2

B. Efektif

C. Skor maksimum = 18

Skor minimum = 10

II. Seleksi butir soal yang dapat diterima, direvisi, dan dibuang (didrop) Berdasarkan tabel, dapat disimpulkan :

image

a. Soal yang diterima = 6,7,10,13,16

b. Soal yang direvisi = 4, 9,11,17,20

c. Soal yang didrop = 1,2,3,5,8,12,14,15,18,19

Tidak ada komentar:

Posting Komentar