Laman

Kamis, 24 Maret 2011

PAIKEM & PAINO

 

imageIlmu Pembelajaran merupakan salah satu dari contoh bentuk Preskriptif. Karena didalam pembelajaran mengandung aspek-aspek Preskriptif. contohnya, dalam suatu proses pembelajaran secara keseluruhan, terdapat proses dan teknik-teknik demi tercapainya suatu tujuan pembelajaran. Guru dalam proses pembelajaran harus merencanakan, menyajikan, menilai, dan memutuskan hasil dari suatu proses pembelajaran.

Dalam melakukan suatu pembelajaran, guru dituntut untuk dapat menjadikan pembelajaran itu suatu ajang guru dan murid untuk dapat aktif, Interaktif, Kreatif, Efektif, Efisien, Menyenangkan, Atraktif, dan Inovatif. Atau sering biasa disingkat dengan sebutan PAIKEM-PAINO.

 

PAIKEM-PAINO (Pembelajaran Aktif, Interaktif, Kreatif, Efektif, dan menyenangkan, serta Pembelajaran Atraktif dan Inovatif)

1. Aktif
Aktif dalam kata lain dapat disebut dengan giat. giat disini dimaksudkan giat dalam bekerja atau beruasaha.*
Subjek dari Aktif dalam proses pembelajaran disini adalah Guru dan Murid. Seoarang guru harus mulai aktif dalam menyelenggarakan proses pembelajaran sejak ia melakukan perencanaan.
dan seorang murid harus mulai aktiif dalam melakukan proses belajar sejak ia akan memulai untuk belajar.

2. Interaktif
Interaktif adalah hubungan yang dinamis dan bersifat saling mempengaruhi antara suatu hal dengan hal yang lainnya.*
Subjek dari Interaktif ini adalah guru dan murid dengan media komunikasi sebagai objeknya.
dari ini diharapkan munculnya proses/aktivitas interaktifitas atau aktivitas timbal balik antara guru dengan murid, guru dengan media komunikasi, maupun antara murid dengan media komuniakasi
Contoh media komunikasi : KIT, Alata peraga, dll.

3. Kreatif
Kreatif adalah kemampuan seorang individu atau kelompok untuk menciptakan.*
Kreatif disini lebih menekankan pada kemunculan kreatifitas dari murid, dan hal ini dapat di stimulus dengan baik dari kekreatifitasan guru dalam menyelenggarakan proses pembelajaran.
Kekreatifitasan guru dapat dilihat dari cara guru dalam menyajikan suatu proses pembelajaran. misalnya dengan suatu puitis, program komputer, dll.

4. Efektif
sesuatu diakatakan efektif jika sesuatu tersebut ada efeknya atau pengaruhnya terhadap objek dan memiliki suatu hasil yang berguna.*
Diacukan kepada tujuan. semakin besar persentasi keberhasilan, maka semakin efektif pembelejaran tersebut
berbeda dengan efisien,
Efisien Diacukan kepada proporsi yang paling seimbang antara personalia pembelajaran (guru, laboran, dll), waktu, uang, bahan belajar, sumber belajar.
efisien adalah . . .

5. Menyenangkan.
Menyenangkan merupakan suatu proses menjadikan atau membangkitkan rasa senang.*
Menyenangkan dalam suatu proses pembelajaran dapat dilihat jika tidak adanya rasa tertekan pada siswa, dan terdapat rasa merdeka agar lebih dapat berekspresi.
Menyenangkan atau tidaknya suatu proses pembelajarantidak harus berkaitan dengan fasilitas. terciptanya rasa menyenangkan ini juga tidak tergantung kondisi dan
situasi lingkungan di sekitar tempat dilakukannya proses pembelajaran tersebut.

6. Atraktif.
Atraktif adalah sesuatu yang memiliki daya tarik atau bersifat menyenangkan.*
Atraktif berasal dari kata Atraksi (pertunjukkan). dari sini diharapkan siswa dapat menghasilkan suatu produk (Tidak harus berupa barang) yang merupakan hasil dari proses belajar.
produk ini hanya merupakan sebatas apa yang telah dipelajari dari gurunya (masih dalam ruang lingkup materi yang diberikan oleh guru).

7. Inovatif
Inovatif bersifat memperkenalkan sesuatu yang baru; bersifat pembaruan (kreasi baru).*
Proses pembelajaran dinilai inovatif jika produk hasil ciptaannya diluar atau lebih dari apa yang telah dicontohkan oleh gurunya dan dari apa yang dibuat oleh temnnya.


* bersumber dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar